Daftar-Makanan-Penurun-KolesterolKolesterol adalah salah satu jenis lemak di dalam tubuh atau lebih dikenal dengan stileh lipid. Pada tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL/ High-density lipoprotein) dan koleserol jahat (LDL/ Low-density lipoprotein).

Dalam kadar normal, kolesterol di dalam tubuh memiliki berbagai macam manfaat, seperti membantu pembentukan vitamin D, melindungi kulit dari kekeringan, penyusun struktur pada membran sel, dan membentuk asam empedu di usus. Apabila kadar kolesterol naik melebihi batas normal, maka akan berefek buruk pada tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti obesitas, gagal ginjal, gangguan ereksi, serangan jantung, meningkatkan risiko Alzheimer, serta stroke.

Kadar kolesterol di dalam tubuh dapat diturunkan melalui beberapa cara, seperti olahraga, banyak bergerak, dan menerapkan pola diet sehat. Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol:

  1. Tomat

Buah bewarna merah ini memiliki kandungan antioksidan yang sanga tinggi, sehingga berpotensi menurunkan kadar koleterol dalam darah. Buah tomat juga melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi jus tomat setiap hari untuk membantu penurunan kolesterol. Dan pastinya kulit anda akan menjadi lebih cerah.

 

  1. Alpukat

Sebagian besar orang menganggap buah alpukat sebagai buah yang kaya lemak, sehingga harus dihindari. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Di dalam buah berwarna hijau ini memang terkandung lemak, tetapi jenis lemak baik (lemak tak jenuh). Kandungan lemak tak jenuh ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) di dalam tubuh. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi alpukat, dong?

 

  1. Delima

Buah kecil berwarna merah ini memang tak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan. Demila adalah buah yang kaya akan antioksidan, sehingga berpotensi melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Disamping itu, buah delima juga membantu peningkatan produksi oksida nitrat, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan mencegah pembentukan plak pada pembuluh arteri.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penyedap untuk masakan. Meskipun ukurannya kecil, ternyata rempah berwarna putih ini mengandung tinggi antioksidan dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tak hanya itu, bawang putih juga berperan sebagai antimikroba sehingga mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Anda dapat mengonsumsi bawang putih setiap hari dengan cara mengolahnya ke dalam masakan.

 

  1. Anggur

Selain berasa manis, buah anggur juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Kenaikan kadar kolesterol baik ini dapat memicu penurunan kadar kolesterol jahat (LDL). Anda dapat mengonsumsi 2 gelas jus anggur setiap hari untuk mengontrol dan menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

 

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, dan edamame mengandung asam lemak omega 3 dan zat antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah. Di samping itu, asam lemak omega-3 juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

 

  1. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe adalah lauk pauk khas Indonesia dan selalu menjadi hidangan wajib di meja makan. Tahukan anda, ternyata lauk yang mengandung protein ini juga berpotensi menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam darah. Jadi tidak ada salahnya jika anda selalu menyisipkan tahu atau tempe dalam menu makanan harian anda.

http://www.cardiacsave.com

 

.